Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Logam Mulia Indo dengan Emas Perhiasan

logam mulia indo
Investasi logam mulia indo sepertinya sudah menjadi salah satu hal wajib yang harus mula dipelajari. Ada banyak keuntungan jika Anda bisa memahami bagaimana cara mengelolanya dengan baik. Nilai jualnya saja semakin besar seiring waktu berlalu. Walaupun bisa berkurang risikonya kecil.

Keunggulan Punya Logam Mulia Indo

Bagi beberapa orang yang sudah ahli, logam mulia bisa jadi salah satu barang investasi dengan nilau jual yang tinggi. Mereka sudah bisa menabung tak hanya dari uang cash saja, melinkan dalam bentk lain yakni logam mulia. Ada banyak lagi keuntungan bisa di dapatkan jika bisa mengelolanya dengan benar.

1.   Dari Segi Bentuk

Dari segi bentuk sebenarnya logam mulia lebih ringkas dibandingkan emas. Sebab logam mulia biasanya memang dibentuk batangan, koin, atau koin saja. Hal ini tentu memudahkan para pengguna dalam penyimpanannya. Karena tidak untuk dipakai tubuh Anda bisa menyimpannya sebagai investasi.

Sedangkan jika emas biasanya cenderung dibentuk sebagai perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, dan masih banyak lagi. Tujuannya bisa saja tidak sebagai investasi semata namun juga mempercantik penampilan atau menunjukkan kelasnya di antara masyarakat.

2.   Tingkat Kadar Kemurniannya

Dari kadar kemurniannya emas dan juga logam mulia juga berbeda. Jika ditanya mana yang lebih baik dijadikan investasi jawabannya logam mulia. Di dalamnya terdapat kadar 99,99% lebih cocok djadikan sebagai ivestasi yang menjadikannya lebih tinggi dan unggul jika dibandingkan dengan emas.

Sedangkan emas perhiasan sendiri biasanya hanya memiliki kadar 22 karat saja. Kemurniannya hanya 91% saja, hal ini karena ada proses panjang dari pembentukkan emas perhiasan yang akhirnya tercampur dengan beberapa logam lain seperti tembaga atau perak.

3.   Biaya atau Ongkos Pembuatannya

Aspek lain yang biasanya membedakan antara emas dan logam mulia adalah biaya atau ongkos pembuatannya. Tidak ada biaya pembuatan pada logam mulia seperti emas batangan segingga harga belinya tetap sama saja. Inilah faktor yang disukai para investor di lapangan.

Walaupun demikian tetap saja ada faktor yang harus diperhatikan ketika membeli emas batangan. Misalnya saja nilai buypack, yakni penjualan kembalinya. Sedangkan pada emas perhiasan biasanya dikenakan biaya sampai 20 persen dari nilai aslinya.

4.   Penjualan Kembali atau Buypack

Perbedaan lainnya terdapat pada penjualan kembali. Karena tidak ada biaya atau ongkos pembutan pada emas batangan maka harga saat penjualan kembalinya juga tidak sebesar emas perhiasan. Apalagi jika sudah dilengkapi dengan sertifikat, selisih dari harga beli asli tidka akan terlalu besar.

Umumnya jika untuk investasi jangka panjang emas batangan atau logam mulia menjadi pilihan paling tepat. Jika Anda punya niat untuk jadi investor pemula maka harus mulai mempelajari bagaimana caranya tahu logam mulia tersebut punya kualitas yang bagus.

Cara Tahu Logam Mulia Punya Kualitas Bagus

  • Perhatikan bagian fisik dari emas tersebut.
  • Jika digosok warna tetap ada maka emas asli
  • Gigit emas tersebut, jika lunak maka emas asli
  • Coba goreska ke keramik
  • Teteskan asam ke permukaan emas
  • Coba dekatkan emas dengan magnet
  • Gunakan aplikasi CertiEye
  • Cek kadar ke Butik Antam terdekat

Itulah beberapa hal yang bisa dijadikann petunjuk saat Anda tengah memeriksa kadar kemurniaan atau kualitas dari logam mulia indo. Cara memeriksanya tidak perlu keahlian khusus, hanya saja harus teliti dan diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai tertipu dan membeli emas dalam bentuk palsu saja.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Logam Mulia Indo dengan Emas Perhiasan"