Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Krokot

Bunga krokot yang tumbuh liar bila di wilayah perdesaan, didiamkan demikian saja di jalan. Tidak sama saat bunga krokot berada di wilayah kota. Bunga ini menjelma jadi satu dari banyaknya bunga hias yang dibudidayakan.

Suatu rutinitas menarik dari tanaman krokot salah satunya adalah pada jam sembilan bunga ini mekar lalu dapat layu kembali. Pada akhirnya banyak orang menyebut bunga krokot ini biasa dikatakan dengan bunga jam sembilan atau moss rose.

krokot

Warna yang cantik dari bunga krokot itu beragam variasi seperti putih, merah muda serta kuning. Dan gabungan warna yang lain membikin bunga ini disenangi banyak orang, mau tau bagaiman sih  metode atau cara tepat menanam serta membudidayakan bungan krokot yang betul?

Cara menanam dan merawat tanaman krokot ini sebetulnya tidak teramat sulit. Bahkan juga ada banyak tanaman krokot yang tumbuh subur tanpa harus ada perawatan khusus. Tapi, guna menghasilkan bunga krokot yang bagus, elok serta sehat pastilah dibutuhkan metode menanam bunga krokot yang tepat.  Tanaman Bunga krokot yang memiliki nilai jual ini pun sebenarnya punyai kegunaan yang fantastis selain sebagai tanaman hias, yaitu untuk kesehatan.  Langsung saja kita ulas bagaiman sih cara menanam tanaman bunga krokot?

Cara Menanam Tanaman Krokot

1. Memanfaatkan Stek Tangkai

Tehnik pembibitan dengan Stek tangkai pada bunga krokot adalah lewat cara memangkas tangkai bunga krokot dari induk tanaman. Serta langsung ditancapkan di tempat tanam. Harus menjadi perhatian apakah potongan tangkai itu nampak baik atau mungkin tidak.

Bila nampak baik akan terlihat dalam beberapa hari nampak tumbuh akar sebagai bibit tumbuhan bunga krokot. Itu artinya penanaman tersebut dapat dikatakan sukses. Tinggal menjaga serta menyirami secara teratur. Bila tanaman masih kecil kalian dapat dengan menyirami tanaman korkot dengan metode sprayer saja. Biar volume air yang keluar sedikit, serta benih krokot selalu terlindungi dari kelebihan air. Sebab tangkai serta daun bunga krokot ini tidak boleh banyak terkena air. Bila kebanyakan air, bunga krokot dapat cepat layu serta tak tumbuh kembali.

2. Memanfaatkan Biji Bunga Krokot

Metode menanam bunga krokot memanfaatkan biji harus melihat penyemaian bibit bunga krokot lebih dulu. Bila alat semai udah ada, barulah tebarkan benih bunga krokot ke tempat tanam.

Karena wujud benih bunga krokot begitu kecil oleh sebab itu dibutuhkan kehati-hatian dalam penyemaian. Bila benih udah ditabur, tutup tempat tanam serta siram memanfaatkan sprayer biar benih tak hilang akibat air yang disiramkan. Dengan melaksanakan penyemaian yang benar dan baik pada benih bunga krokot insyaallah bunga krokot yang ditanam itu akan menghasilkan bunga yang bagus serta menarik.

Cara Merawat Bunga Krokot

Sebetulnya bunga krokot bisa tumbuh secara bebas tanpa ada perawatan. Tapi, bila bunga itu jadi tanaman hias diperlukan perawatan optimal biar bunga krokot tumbuh dengan subur.

• Siram sama air seperlunya saja. Sebab sisi dari badan bunga krokot seperti batang, daun serta akar udah memiliki kandungan banyak air. Bila bunga krokot kelebihan air dicemaskan bunga itu dapat layu serta membusuk. Untuk meminimalkan volume air yang keluar, dapat dengan memanfaatkan sprayer yang disemprot dikit-dikit ke tempat tanam bunga krokot.

• Berikan pupuk organik atau juga bisa dengan memanfaatkan pupuk kimia. Kerjakan juga dengan tehnik semprot biar tidaklah terlalu dekat sama bunga krokot. Pemberian pupuk ini dapat dilaksanakan tiap-tiap 1-2 minggu sekali. Bila pakai pupuk kimia seperti NPK dengan jumlah 1 sdm serta dicampurkan ke 5 ltr air. Lalu pupuk siap dipakai.

• Lakukan pengurangan biar tanaman krokot amat sering berbunga. Diluar itu pengurangan dilaksanakan biar berlangsung pergantian bunga krokot yang dibuat.

Dengan melakukan perawatan bunga krokot diatas bunga yang dihasilkan dapat tumbuh secara optimal serta bertambah menarik untuk dijadikan tanaman hias. Disamping menjadi tanaman hias, bunga krokot ini pun punyai kegunaan yang banyak sekali. Bunga krokot dapat jadi teh bunga krokot yang punyai kandungan zat yang bagus buat badan. Seperti vitamin A, C, B, kalsium, fosfor, phospat, saponin serta zat besi. Serta Kegunaan yang lain adalah bunga krokot sanggup keluarkan toksin pada badan, jadi obat diare dan kelancaran peredaran darah.

Budidaya krokot ini bisa pula mendatangkan pemasukan tambahan. Buat banyak pencinta tanaman hias, bunga krokot dapat menambahkan koleksi tanaman yang ada pada halaman tempat tinggalnya. Dan ada kegunaan bunga krokot yang banyak membuat tanaman ini kaya kegunaannya bila dapat diproses dengan bagus.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Bunga Krokot"